Tuesday, October 4, 2022
HomeFreelancerSolusi Damai Efisiensi Kerja, Work From Wherever Bersama ASUS Vivobook Professional 14...

Solusi Damai Efisiensi Kerja, Work From Wherever Bersama ASUS Vivobook Professional 14 OLED


Penanda rapat on-line dari Google Calendar selalu saya pasang di laptop computer. Notifikasi alarm selalu berbunyi 10 menit sebelum convention name di mulai.

Bagi orang-orang yang melakukan Work from Wherever (WFA) memang penting dapat diawali dengan meningkatkan kemampuan penguasaan teknologi komunikasi. Hal ini menjadi prasyarat berlangsungnya koordinasi secara on-line.

Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan bahan-bahan koordinasi selengkap mungkin dan mudah di akses, mengatur alokasi waktu untuk pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah, mengikuti on-line assembly yang terjadwal dan tepat waktu, memiliki strategi untuk mengatasi kebosanan, dan tetap melakukan kontak dengan rekan kerja.

Tak jarang dalam satu hari kegiatan saya hanya menghadiri dari satu assembly on-line dari pagi hingga malam.

Sejak mengambil pekerjaan distant, saya menyadari waktu akan lebih banyak tersita di depan laptop computer mulai dari pagi hingga ke malam harinya. Bahkan, tidak jarang saat saya sedang berada di luar pun harus melayani assembly daring lewat laptop computer kerja yang selalu di bawa kemana-mana.

Kadang saya merasa kasihan sama perangkat kerja laptop computer mulai terasa panas sekali.

Kondisi pandemi memaksa banyak bisnis dan tim harus melakukan proses kerja yang tidak berada di satu lokasi. Kalau dulu sebuah kebanggaan saat melihat bangunan gedung tempat bekerja, maka saat ini bagi sebagian dari karyawan akan memandang bahwa gedung kantor hanya sebuah gedung bukan tempat nyaman untuk bekerja.

Sudah dua pekan ini saya mencoba Work from Wherever (WFA) dari Jakarta. Jika sempat ramai Work from Bali, orang berbondong-bondong meramaikan Bali sebagai tempat untuk bekerja sekaligus liburan. Lain hal pula dengan saya yang melakukan Work from Jakarta.

Banyak yang bertanya ke saya mau ngapain selama di Jakarta. Jawabku kalau hanya ingin merasakan kehidupan pekerjaan sambil berlibur selama di Jakarta.

Pekerjaan saat ini sedang bertransformasi dari Work from Residence (WFH) ke Work from Wherever (WFA). Merasakan nyaman dan fleksibel waktu bekerja WFA karena ritme bekerja seperti ini bisa membantu kita lebih banyak berada di rumah dan berkumpul dengan keluarga.

Hal ini wajar karena saya ikut merasakan perubahan yang terjadi, di samping ada rasa nyaman. Dahulu bangunan baik rumah atau kantor menjadi sesuatu yang melambangkan kenyamanan, tapi saat ini justru berada di luar bangunan seperti kafe atau space publik menjadi lebih nyaman untuk bekerja. 

Perubahan budaya dan cara kerja menjadi suatu keharusan untuk adaptasi dengan cepat. Kalau dulunya hanya beberapa perusahaan yang memberlakukan kebijakan kerja dari mana saja, sekarang hampir semua perusahaan, bahkan instansi pemerintah, memberlakukan kebijakan ini terutama untuk jenis-jenis pekerjaan yang bisa dilakukan tanpa harus bertemu muka, yang pekerjaannya didominasi dengan pekerjaan administrasi atau dapat dihubungi menggunakan teknologi.

Setiap orang memiliki pengalaman yang cukup dalam hal beradaptasi, akan tetapi beradaptasi untuk hal yang adoptif bukanlah hal yang mudah karena terjadi dalam waktu yang sangat singkat, serta langsung dipraktekkan secara real-life dan real-time.

Salah satu hasil kaji cepat yang menarik tentang implementasi Work From Wherever.

Tren mulai terlihat dari satu kafe ke kafe lainnya, para pekerja kreatif seperti saya ini tinggal membawa laptop computer kerja ke mana pun serta tetap terhubung dengan web. Salah satu manfaat yang saya rasakan dengan pekerjaan distant ini adalah bisa meningkatkan temper saat bekerja, walau terasa energi lebih banyak terkuras.

Sedikitnya kita menyadari proses bekerja distant akan menjadi suatu hal yang menjadi bagian dari kehidupan bisnis dan profesi di masa mendatang dari prediksi beberapa ahli, walaupun menjadi sesuatu yang datang lebih cepat karena keadaan saat ini. 

Selama beberapa tahun belakangan ini sebenarnya praktek bekerja distant sudah banyak dilakukan di beberapa negara dan bahkan beberapa perusahaan di Indonesia. Sejak saya masih berstatus freelance dan juga karyawan korporat, saya merasakan proses bekerja seperti ini lumayan merasakan manfaatnya.

Memang, masih ada beberapa orang berpandangan pekerjaan dan bisnis akan mengalami kesulitan beradaptasi dengan kondisi ini. Berbagai macam faktor menjadi kekhawatiran timbul. Benarkah demikian?

Beradaptasi adalah kunci utama dalam menjalani hidup di masa pandemi. Bisa dipastikan itu tidak mudah, namun kita tidak punya pilihan yang banyak.

Proses kerja distant tidak akan terjadi perubahan apabila tidak dilakukan dengan cara berpikir dan cara bekerja yang seharusnya menjadi proses adaptasi.

Saya ikut merasakan dalam proses adaptasi bekerja distant harus lebih cepat belajar untuk menghadapi perubahan. Ada dua hal yang dibutuhkan dengan beralihnya perubahan gaya bekerja saat ini.

#1 Cara Berpikir

Kita dituntut merubah proses dari bekerja di lokasi yang sama dan menjadi proses bekerja yang berpindah-pindah lokasi.

Sekalipun tempatnya berpindah-pindah untuk bekerja, namun tanggung jawab pekerjaan tetap akan melekat. Oleh karena tanggung jawab pekerjaan tidak akan berubah karena upah yang dibayarkan memang tidak berubah.

Makanya, saya sadar penuh bahwa berpindah lokasi kerja ini sebagai bentuk untuk mengatasi kejenuhan. Serta, saat seseorang bekerja distant bukan berarti bahwa mereka wajib ditambahkan pekerjaannya karena seolah-olah mereka enak kerja dari rumah atau dari mana saja.

Saya juga memiliki kewajiban kewajiban untuk tetap dapat berhubungan dengan anggota tim lain, atasan untuk menyelesaikan dan melaporkan pekerjaan lewat assembly daring.

#2 Cara Bekerja

Perlu diketahui bahwa saat sebuah bisnis ingin memberlakukan proses distant working, maka harus dipastikan bahwa cara bekerja akan terjadi perubahan. Kalau bekerja di kantor maka yang dilihat adalah jam kerja, sedangkan dalam proses bekerja distant yang dilihat adalah hasil kerjanya

Saya merasakan cara bekerja saya bisa jauh lebih produktif saat yang dilihat adalah hasil kerjanya. Cara bekerja seperti ini artinya memberikan kepercayaan penuh agar kita dapat lebih luwes dalam berkarya.

Tak jarang kalau saya sedang berada di luar, saya sudah menentukan lokasi yang cukup kondusif dengan kriteria seperti jaringan web kencang dan stabil dan kemanapun selalu membawa perangkat kerja seperti laptop computer.

Skema WFA dapat dianggap sebagai bentuk pola kerja baru yang mampu meningkatkan kualitas antara kerja dan kehidupan (work-life steadiness). Namun, WFA tentunya memiliki tantangan tersendiri, seperti koordinasi tidak selancar ketika tatap muka langsung, kehilangan suasana kerja dan kebosanan, konsentrasi kerja yang rendah, ritme dan jam kerja yang tidak teratur, gangguan teknis dan biaya komunikasi, serta permasalahan administrasi.

Teknologi telah menjadi bagian dari kehidupan saat ini. Dan kemudahan akses aplikasi baik free of charge maupun berbayar sudah tersedia. Dalam satu perangkat laptop computer kerja membuat  jalur komunikasi jadi lebih sering dibuka, seolah tidak ada keterbatasan waktu. Pemanfaatan teknologi akan memudahkan kita saat butuh knowledge dengan sangat cepat.

Meracik suasana kondusif untuk Work from Wherever (WFA) yang efektif dan tetap produktif memang dibutuhkan kesiapan diri dan lingkungan. Beberapa hal yang biasanya saya lakukan adalah dengan koordinasi secara common.

Kunci keberhasilan untuk orang yang tidak bekerja di satu tempat adalah koordinasi yang kuat. Koordinasi dimaksudkan untuk menjaga komunikasi bagi semua pihak.

Koordinasi bisa dilakukan sesuai kesepakatan misal setiap hari di pagi hari. Tidak perlu terlalu lama, hanya 15-30 menit untuk memastikan semua plan bisa berjalan di hari itu. Dan koordinasi yang bersifat menjadi level pressing necessary bisa ditaruh di share folder supaya memudahkan semua pihak melakukan pengecekan, dan apabila diperlukan, atasan dan rekan kerja tidak perlu harus mencoba menelpon atau melakukan koordinasi terlalu sering.

Software-tool seperti Google Meet, Google Drive dan Google Calendar merupakan yang paling sering dimanfaatkan agar komunikasi lebih lancar. Dari sini saya bisa lebih lancar untuk menata pekerjaan lebih rapi dan berdiskusi dengan tim secara daring.

Komunikasi juga termasuk hal penting saat proses kerja distant. Tanpa komunikasi yang baik, maka semua pihak tidak mempunyai visible atau informasi dari apa yang dilakukan oleh pihak lain. Test-in level juga bisa dilakukan di tengah hari atau di akhir hari untuk melakukan proses komunikasi.

Keseringan melakukan assembly daring saat sedang di luar ruangan ternyata memiliki kekurangannya sendiri yang dirasakan.

Seringkali tantangan Work from Wherever timbul bukan dari dalam diri kita sendiri saja, melainkan dari perangkat kerja sehari-hari. Bekerja di rumah memang terlihat fleksibel dan nyaman. Namun, sesekali juga akan merasakan bosan dan butuh suasana baru yang lebih menarik. Biasanya kalau sudah seperti ini saya akan mengganti suasana tempat untuk bekerja.

Pengalaman bekerja di luar juga penuh tantangan, mulai dari gangguan suara bising yang sulit untuk dihindari dari suasana sekitar. Apalagi saya bisa bekerja di luar ruangan, bisa dari kafe ke kafe atau space publik.

Seringnya juga saya mendapatkan komplain oleh lawan bicara karena suara bising kendaraan atau orang mengobrol bisa bercampur masuk sampai ke telinga lawan bicara yang membuat assembly daring berjalan tidak mulus.

Serta permasalahan keamanan knowledge yang bisa melalui celah kamera laptop computer yang tidak tertutupi sewaktu kita sedang melakukan assembly secara daring.

Hacker bisa saja mengakses webcam laptop computer kita melalui Distant Administration Software (RAT). Namun, tidak semua kamera laptop computer bisa ditutup, orang lupa masalah utamanya. Apabila menutupnya menggunakan lakban ternyata bisa merusak layar perangkat laptop computer. Ngeri kan?

Sekitar 4,7 juta orang di dunia sudah memiliki pekerjaan yang bersifat distant. Angka tersebut pastinya terus meningkat drastis setelah pandemi berlangsung. Meningkatnya tren Work from Wherever membuat penggunaan perangkat elektronik kerja seperti laptop computer semakin penting.

Tak sedikit pekerja yang akhirnya memilih mencari laptop computer baru agar bisa beradaptasi dengan aktivitas work from anyplace yaitu harus handal dalam segala situasi kondisi karena sudah pasti akan dibawa ke manapun, tahan goncangan, bobot yang ringan serta koneksi yang lumayan cepat.

Yang jadi masalah, beberapa diantara kita mungkin hanya memiliki laptop computer jadul yang sudah cukup usang untuk melakukan padatnya multitasking pekerjaan. Artinya, kita terpaksa menukar atau membeli laptop computer baru agar kita bisa tetap menghasilkan.

Beberapa faktor berikut ini yang menurut saya penting untuk kita ketahui saat hendak memilih laptop computer yang tepat dan cocok untuk mendukung produktivitas work from anyplace, bisa jadi bahan pertimbangan :

1. CPU dan Kapasitas Penyimpanan

CPU memiliki fungsi sebagai “otak” dari laptop computer yang akan melakukan pekerjaan sehari-hari.

Saat ini laptop computer yang tepat untuk pekerjaan sehari-hari direkomendasikan menggunakan prosesor terbaru untuk mendapatkan performa terbaik, terutama saat multitasking. Sementara itu, kapasitas penyimpanan yang disarankan untuk work from anyplace adalah minimal 256GB dengan RAM 8GB, tetapi bisa sampai 16GB untuk kegiatan desain dengan software program yang berat.

2. Ukuran Layar Laptop computer

Ukuran layar laptop computer termasuk hal yang penting. Walau diakui ukuran layar laptop computer 11 inch terbilang praktis, tapi memiliki keterbatasan yang kadang menyulitkan kita saat harus membuka lebih dari satu dokumen.

Maka, pilihan laptop computer dengan ukuran 13-14 inch adalah bijak agar lebih nyaman saat bekerja dan tidak membuat mata cepat lelah.

3. Webcam dan Resolusinya

Laptop computer dengan spesifikasi prosesor terkencang, atau RAM besar kecepatan tinggi memang penting. Namun, saat ini perlu diutamakan tentunya adalah kamera internet. Pastikan kamera internet yang disediakan laptop computer tersebut mendukung resolusi HD demi kenyamanan dan kelancaran video convention.

Kebanyakan laptop computer sudah membenamkan built-in webcam, tetapi sayangnya tidak semua perangkat menyediakan kamera full HD picture beresolusi tinggi. Sementara frekuensi on-line assembly semakin tinggi selama work from anyplace. Maka, pilihlah laptop computer dengan webcam yang mampu menghasilkan rekaman tajam dan jernih atau bisa diintegrasikan dengan kamera pihak ketiga.

Kamu tentunya tidak ingin hasil kualitasnya terlihat buram atau pecah, bukan?

4. Kebutuhan Pemakaian Laptop computer

Setiap perangkat laptop computer memang diciptakan untuk kebutuhan para pemakainya. Apakah kamu memakai laptop computer hanya untuk membuat dokumen saja atau pekerjaan lebih berat seperti mendesain konten?

Mengenali kebutuhan work from anyplace akan membantu kamu untuk menemukan jenis laptop computer yang harus dibeli. Dengan begitu, kamu akan merasa tidak rugi untuk mengeluarkan uang yang cukup banyak, apalagi harga perangkat laptop computer saat ini cenderung naik selama masa pandemi.

Selain empat faktor di atas, hal-hal lain yang perlu diperiksa saat membeli laptop computer baru adalah jenis port, sistem operasi, kapasitas baterai, hingga tingkat durabilitas pada perangkat tersebut.

World Financial Discussion board mengulas bahwa para pekerja dan perusahaan mesti menyiapkan koneksi web yang lancar dan aman, sistem untuk berkolaborasi jarak jauh, dan teknologi cloud agar Work from Wherever dapat berjalan lancar. Serta paling penting adalah perangkat kerja laptop computer mumpuni juga menentukan efektivitas WFA.

Idealnya, laptop computer yang digunakan untuk bekerja dari mana saja mesti dapat menjalankan multitasking dengan mulus, dapat mengakomodir kebutuhan convention name, dan baterai yang dapat dipakai dalam waktu lama. Jika hal itu terpenuhi, pekerja seperti saya pun dapat mengerjakan tugasnya tepat waktu sesuai arahan yang diberikan.

ASUS Vivobook Pro 14 OLED
ASUS Vivobook Professional 14 OLED

Pada umumnya, laptop computer dengan performa kencang memiliki harga yang relatif mahal. Namun, begitu melihat ASUS Vivobook Professional 14 OLED (M3400) pandangan saya langsung berubah bahwa ASUS kini membuktikan bahwa sekalipun inflasi harga produksi semakin tinggi tapi ASUS tetap dapat memberikan laptop computer dengan performa kencang dengan tetap ramah di kantong.

Bahkan, tidak hanya sampai disitu ternyata banyak fitur menggoda lain yang membuat saya merasa ingin memiliki laptop computer ASUS ini sebagai perangkat kerja sehari-hari.

Bagi beberapa pekerja, starterpack penting buat Work From Wherever yang tidak boleh ketinggalan seperti charger laptop computer, energy financial institution, pergi ke kafe dengan sinyal WIFI kencang, harus ada consolation food and drinks ketika kerja, earpods serta tidak kalah penting harus ada background aesthetic.

Proses kerja kini sudah dilakukan secara daring, sebagai contoh paling sederhana mengirim dokumen melalui e-mail, rapat melalui aplikasi telekonferensi, mengerjakan naskah bersama teman kerja melalui Google Docs, dan berbagai kebutuhan pekerjaan lainnya sebagian besar bisa dilakukan melalui laptop computer dengan sambungan web.

Saya merasakan ada banyak hal yang dapat saya kerjakan dengan menggunakan perangkat kerja laptop computer ASUS Vivobook Professional 14 OLED (M3400). Rasanya seperti jiwa kreativitas saya bisa mulus dan produktif.

Beberapa keunggulan dan fitur menarik dari laptop computer ASUS ini membuat sayang sekali kalau tidak dilirik.

Hal pertama yang pastinya akan menarik perhatian kita adalah desain fisik yang trendy dan memberi kesan fashionable. Sehingga membuat pengguna laptop computer Vivobook Professional 14 OLED lebih terlihat meningkatkan rasa percaya diri. 

Desain laptop computer Vivobook Professional 14 OLED ini eye-catching dari eksterior warnanya sudah memanggil untuk didekati.

ASUS menghadirkan opsi warna Photo voltaic Silver dan Cosmos Blue. Opsi warnanya tidak pasaran dan tidak bisa ditemukan di laptop computer lain. Bayangkan saja kalau kamu sedang work from anyplace di cafe lalu menggunakan Vivobook Professional 14 OLED ini akan terlihat tampil beda.

ASUS Vivobook Professional 14 OLED (M3400) datang dengan bodi yang tipis dan ringan. Ketebalannya hanya 18,9 mm, belum sampai 2 cm. Sementara, bobotnya hanya sekitar 1,4 Kg saja, sehingga cukup nyaman untuk kalian yang bekerja di luar ruangan. Membawa Vivobook Professional 14 OLED ke dalam tas tetap terasa ringan dan tidak membuat pundak pegal.

Dengan kebutuhan mendasar pengguna sehari-hari tentunya dapat dipenuhi oleh laptop computer Vivobook Professional 14 OLED (M3400). Selain dapat meningkatkan gaya hidup kreatif pengguna tentunya laptop computer ini menjawab kebutuhan pengguna.

Apalagi laptop computer ASUS ini diperkuat oleh prosesor CPU AMD Ryzen™ 7 5800H yang merupakan “otak” untuk kelas laptop computer gaming.  Prosesor H collection memiliki karakteristik yang berbeda dengan prosesor cell U collection. Prosesor H collection merupakan prosesor excessive efficiency dengan kemampuan yang pasti lebih tinggi dibandingkan prosesor cell U collection yang merupakan prosesor extremely low voltage alias hanya untuk hemat daya.

 

ASUS Vivobook Professional 14 OLED bukan hanya termasuk laptop computer dengan ukuran lumayan tipis.

Hadir dengan ditenagai AMD Ryzen™ 5000 H-Collection Cellular Processors yang memiliki full highly effective efficiency core untuk multitasking bahkan video enhancing. Selain highly effective, prosesor ini memberikan daya baterai lebih awet sehingga produktivitas harian semakin maksimal. Dilengkapi dengan kartu grafis integrasi AMD Radeon yang memberikan performa gaming yang tanpa lag. Produktivitas harian dimanapun dan kapanpun jadi maksimal dengan performa prosesor dan kartu grafis dari AMD ini.

Prosesor laptop computer Vivobook ini telah menggunakan menggunakan arsitektur Zen3 melalui pemrosesan 7nm. Oleh sebab dibuat dengan 7nm, prosesor ini tidak sekadar tawarkan performa tapi juga daya tahan baterai yang panjang.

Ada dua varian prosesor yang dipasarkan untuk pengguna sesuai dengan kebutuhan. Prosesor yang paling tinggi adalah AMD Ryzen™ 7 5800H Cellular Processor. Kemudian ada juga ASUS Vivobook Professional 14 OLED (M3400) yang memakai  AMD Ryzen™ 7 5600H Cellular Processor. Keduanya hadir dengan dukungan grafis AMD RadeonTM.

Lebih detailnya lagi, ASUS Vivobook Professional 14 OLED (M3400) dengan prosesor AMD Ryzen™ 7 5800H didukung RAM DDR4 16GB Twin Channel dan penyimpanan 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD.

Sementara, varian AMD Ryzen™ 5 5600H hadir dengan dua varian, ada yang pakai RAM DDR4 16GB, ada juga yang menawarkan RAM DDR4 8GB. Kedua varian ini juga dibekali 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD. 

Bagi pengguna yang gesit dan menginginkan responsif, pastinya laptop computer Vivobook Professional 14 OLED ini telah menggunakan media penyimpanan berbasi M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD berkapasitas 512GB, serta reminiscence RAM DDR4 berkapasitas hingga 16GB.

Sebagai gambaran, kamu bisa melihat hasil benchmark.

Semuanya disesuaikan dengan kebutuhan pengguna saat ini.

Kurang lengkap rasanya saat sewaktu bekerja tidak ditemani oleh musik-musik peningkat temper agar kita makin lebih bersemangat. Audio yang baik dapat memberikan suasana yang berbeda.

Gagasan ASUS Vivobook Professional 14 OLED (M3400) membekali laptop computer sistem audio dengan speaker dari pabrikan Harman/Kardon. Pastinya sistem audionya turut didukung dengan teknologi AI Noise Cancelling.

Adanya fitur AI Noise Cancelling akan sangat membantu untuk para pekerja Work from Wherever (WFA) dapat bekerja dari segala situasi karena teknologi tersebut dapat meredam suara bising di sekitar pengguna. Tujuannya adalah agar ASUS Vivobook Professional 14 OLED (M3400) dapat selalu diandalkan untuk melakukan convention name atau on-line assembly di berbagai kondisi.

Sudah tidak perlu khawatir lagi seandainya saya sedang melakukan convention name di luar ruangan yang bising, maka suaranya dijamin bakal aman.

Selain itu, Vivobook Professional 14 OLED (M3400) juga telah hadir dengan HD webcam terintegrasi agar pengguna selalu siap untuk video convention kapan saja dan di mana saja. Kualitas video yang ditampilkan bisa sejernih kamu setelah pakai skincare.

Hadirnya webcam resolusi 720P HD @30fps ini juga dilengkapi dengan slider privateness shutter fisik untuk memastikan kalau saat berada di luar ruangan, tidak ada yang mengintip aktivitas pengguna secara diam-diam lewat kamera internet.

Pastinya adanya fitur privateness ini akan memberikan rasa aman bagi pengguna, tidak perlu khawatir laptop computer kamu akan dibajak oleh orang lain.

Menawarkan performa yang kencang tentunya menyenangkan bagi pengguna dengan mobilitas tinggi. Didukung dengan prosesor yang khusus gaming, tentunya bisa berimbas pada bodi laptop computer yang hangat di permukaan.

Salah satu masalah pada laptop computer pada umumnya adalah overheat. Untuk menyiasati nya ASUS Vivobook Professional 14 OLED (M3400) ini menggunakan sistem pendingin IceCool Plus terbaru yang memiliki dua kipas khusus berbahan Liquid Crystal Epoxy Polymer (SCP) sehingga dapat hadir dengan 86 bilah di setiap kipasnya. Serta dapat membuat aliran udara 16% lebih baik sehingga laptop computer ini dapat selalu bekerja secara optimum.

Pengguna tidak perlu khawatir apabila laptopnya digunakan sepanjang hari akan timbul rasa panas, karena sudah diatasi oleh sistem pendingin yang telah teruji.

Sistem pendingin ASUS IceCool Plus mampu menghadirkan aliran udara 16% lebih baik serta memastikan Vivobook Professional 14 OLED (M3400) dapat selalu bekerja secara optimum.

Sehingga bagi pengguna tidak perlu khawatir untuk bekerja dan beraktivitas sepanjang hari dengan ASUS Vivobook Professional 14 OLED ini.

Kebanyakan orang saat ini menginginkan perangkat kerja yang tidak monoton serta juga bisa tampil keren saat sedang duduk di kafe.

ASUS Vivobook Professional 14 OLED ini memiliki show permukaan bodi Shiny yang memang cocok sekali dan terlihat lebih cemerlang dan elegan.

Show layarnya ukuran 14 inci resolusi 2.8K (2880 x 1800), 90Hz refresh fee, 0.2 ms response time, 100% DCI-P3 shade gamut dengan dengan aspek rasio 16:10. Semua ini menjadikan ASUS Vivobook Professional 14 OLED (M3400) sangat bisa diandalkan untuk kerja di mana saja.

Saya bisa melihat banyakan knowledge dari Spreadsheet dengan mudah dan tidak sakit mata. Selain itu, saya juga bisa berkreasi mengedit foto produk makanan milik klien tanpa sakit mata.

Teruntuk pengguna yang harus melakukan assembly daring di luar ruangan pastinya tidak perlu merasa silau saat laptop computer langsung terpapar sinar matahari. Teknologi tampilan layar ASUS OLED menjawab permasalahan tersebut.

Kombinasi antara performa dan layar Vivobook Professional 14 OLED sudah pasti perlu dibarengi dengan pendukung lainnya untuk bisa membuat para pengguna betah berlama-lama.

Seberapa lama kita berada di depan laptop computer? Rata-rata setiap pekerja saat ini akan berada lebih kurang 8 hingga 10 jam sehari.

Laptop computer Vivobook Professional 14 OLED ini mempunyai keunggulan dibanding laptop computer biasa lainnya, mulai dari warna lebih kaya dan akurat, tampilan jernih pada tingkat kecerahan yang rendah, element warna sangat baik hingga visible tanpa efek blur. Hal ini karena hanya laptop computer ASUS OLED yang memiliki sertifikasi Pantone Validated dan TUV Rheinland yang menjamin kenyaman mata dan akurasi warna.

Tidak hanya untuk penggunaan sehari-hari seperti shopping atau menikmati sajian multimedia, laptop computer ASUS OLED juga sangat cocok untuk para content material creator karena mampu menampilkan warna yang sangat kaya serta akurat dengan teknologi Eye Care membantu mencegah kerusakan pada kesehatan mata dalam jangka waktu yang panjang sekaligus tidak membuat mata cepat lelah yang telah tersertifikasi TÜV Rheinland.

Berbeda dengan layar IPS yang digunakan di laptop computer pada umumnya, Asus OLED menggunakan panel OLED dan telah dilengkapi berbagai fitur khusus sehingga dapat menghasilkan kualitas visible terbaik.

Kunci untuk menampilkan kualitas visible terbaik salah satunya ada pada tingkat reproduksi warna yang bisa ditentukan oleh shade gamut.

Tidak seperti jenis laptop computer lain, layar Asus OLED memiliki kualitas visible terbaik berkat reproduksi warna yang akurat bersertifikasi PANTONE® Validated serta shade gamut 100% DCI-P3. Artinya, layar mampu menampilkan semua warna pada ruang warna DCI-P3, dimana cakupan warnanya lebih luas dari sRGB yang hingga saat ini masih dijadikan standar layar laptop computer.

DCI-P3 juga merupakan shade gamut yang digunakan oleh industri perfilman karena memiliki cakupan warna yang sangat luas sehingga membuat element dalam movie dapat ditampilkan dengan sangat baik.

Didukung oleh teknologi Dolby Imaginative and prescient serta kontras warna sempurna dengan sertifikasi VESA Show HDR™ True Black 500, Vivobook Professional 14 OLED bakal jadi laptop computer yang sempurna untuk pengguna yang memiliki mobilitas work from anyplace.

Bingkai layar laptop computer Vivobook Professional 14 OLED ini juga sudah menggunakan desain NanoEdge Show yang tipis di tiga sisi. Pengguna akan merasakan bekerja di depan laptop computer ini terasa seperti tanpa batas. Mata jadi lebih nyaman untuk melihat dengan pandangan lebih luas.

Desain seperti ini membuat tingkat Display to Physique Ratio laptop computer mencapai 84%. Bayangkan saja apalagi dipadukan dengan layar ASUS OLED yang telah diakui kualitasnya.

Tak hanya itu, Asus OLED juga hadir dengan fitur yang dapat membuat pengguna betah berlama-lama.

ASUS Vivobook Professional 14 OLED M3400 merupakan laptop computer yang dirancang sebagai perangkat penunjang aktivitas sehari-hari.

ASUS memahami bagaimana pengguna bisa betah berlama-lama untuk berkarya sekaligus menjalankan aktivitas di depan laptop computer. Adanya keyboard ASUS ErgoSense di laptop computer ini guna memberikan pengalaman mengetik lebih baik sehingga menjadi lebih produktif.

Keyboard Vivobook Professional 14 OLED hadir dengan jarak tombol, kedalaman tekan, serta stabilitas yang telah dirancang khusus serta presisi agar penggunanya nyaman saat mengetik. Membayangkan bekerja dengan perangkat laptop computer ini tentunya akan membuat kenyamanan saat pengetikan lama.

Saya bisa mengetik untuk menulis artikel di weblog atau membuat materi bahan ajar dari empuknya keyboard Vivobook Professional 14 OLED. Semuanya jadi beres!

Kinerja layaknya laptop computer gaming namun dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan para pengguna seperti kreator muda tentunya membutuhkan rangkaian konektivitas yang lengkap.

Mempermudah proses pemindahan knowledge maupun pengirimannya, pastinya kita akan membutuhkan port kelengkapan. Beberapa kelengkapan sambungan yang dimiliki oleh VivoBook Professional 14 OLED meliputi satu buah port Thunderbolt 4 (USB Kind-C), port USB Kind-A, HDMI, MicroSD card reader, dan 3.5mm combo audio jack. Sementara untuk untuk konektivitas nirkabel, laptop computer ini didukung oleh teknologi WiFi 6 (802.11ax) dan Bluetooth 5.0.

Selain itu, ada pula fitur ASUS WiFi Grasp yang memungkinkan laptop computer untuk tetap terhubung dengan router. Di sektor keamanan, VivoBook Professional 14 OLED juga dilengkapi dengan sensor pembaca sidik jari (fingerprint sensor) yang juga mendukung fitur Home windows Hey. Sudah tidak perlu lagi kita repot mengetik kata sandi, cukup memanfaatkan sidik jari.

Beberapa kelengkapan ini pasti membuat kinerja pengguna menjadi lebih baik, sebab bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Laptop computer Vivobook Professional 14 OLED memang dikemas lebih lengkap untuk membantu kita melakukan kinerja multitasking dengan maksimal.

Seharian berada di luar ruangan tentunya kita akan jauh dari arus listrik untuk mengisi daya baterai laptop computer.

Daya tahan baterai yang awet menjadi pokok penting untuk kita memilih laptop computer. Dari hasil pengujian yang dilakukan, ASUS Vivobook Professional 15 OLED ini dapat mensimulasikan bekerja dengan aplikasi workplace, multimedia dan internet secara non cease, baterai Lithium-ion 3-cell berkapasitas 50 WHrs miliki Vivobook Professional 14 OLED sanggup memasok daya hingga 8 jam lebih.

Bayangkan serunya kita bekerja sehabis itu menikmati tontonan hiburan streaming untuk merilekskan pikiran.

Lantaran portabilitas laptop computer Vivobook Professional 14 OLED ini para pengguna seperti saya bisa bekerja dengan mudah dimanapun. Tentu ini kabar baik, karena setiap pengguna umumnya butuh lingkungan kerja baru agar merangsang kreativitas.

Ditambah dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, mulai dari prosesor AMD Ryzen 7 ini memiliki 8 Core processor di dalamnya, laptop computer ini terasa semakin berkualitas. Laptop computer tipis dan ringan dari ASUS ini punya performa kencang untuk menangani aplikasi berat seperti Adobe Lightroom, Premiere, dan Photoshop sambil tetap memberikan daya tahan baterai yang panjang.

Fitur menarik yang dimiliki oleh laptop computer ASUS Vivobook Professional 14 OLED ini adalah kamu bakalan langsung mendapatkan Home windows 11 authentic sebagai sistem operasi yang sudah terinstall di dalamnya. Sehingga pengguna tidak perlu lagi melakukan instalasi sendiri untuk mendapatkannya.

Pastinya kamu tahu kalau sistem operasi ini sudah yang terbaru dan cukup cepat digunakan.

Sistem operasi ini juga harganya cukup mahal ketika harus melakukan instalasi versi yang originalnya. Versi authentic juga membuat laptop computer kamu memiliki performa yang lebih baik dan tentunya anti lemot ketika digunakan.

Bahkan bukan hanya itu saja, ASUS Vivobook PRo 14 OLED (M3400) ini sudah dilengkapi dengan aplikasi Microsoft Workplace Residence & Scholar versi 2019 yang resmi dan authentic. Pengguna baru tinggal melakukan aktivasi secara on-line, dan seluruh aplikasi di dalam Microsoft Workplace Residence & Scholar 2019, yaitu Phrase, Excel dan Powerpoint, bisa digunakan secara free of charge seumur hidup.

Hal ini sangat membantu sekali mengingat aplikasi Microsoft Workplace sudah menjadi standar aplikasi workplace di perusahaan, dunia pendidikan maupun di industri kreatif.

Selain dari fitur yang sudah disebutkan, masih ada satu fitur ASUS lagi yang tidak kalah menarik yaitu My ASUS yang pasti akan dipakai oleh pengguna Vivobook Professional 14 OLED. Di dalam My ASUS ini pengguna bisa mengatur banyak hal di dalam laptop computer. Mulai dari Pixel Refresh, Pixel Shift, Routinely Conceal Home windows Taskbar in Desktop Mode dan Home windows Taskbar Transparency Impact.

Pengaturan yang laptop computer ini dipercaya dapat membuat laptop computer Vivobook Professional 14 OLED lebih awet dan berusia panjang dalam pemakaian.

Semua spesifikasi yang ditawarkan membuat ASUS Vivobook Professional 14 OLED menjadi laptop computer yang bisa membuat pekerja kreatif dan sudah menerapkan work from anyplace menjadi lebih dinamis.

Varian Ryzen 5, 8GB RAM – 512GB SSD Rp11.299.000
Varian Ryzen 5, 16GB RAM – 512GB SSD Rp11.799.000
Varian Ryzen 7, 16GB RAM – 512GB SSD Rp12.799.000

Apalagi ASUS Vivobook Professional 14 OLED (M3400) juga sudah didukung dengan 2 tahun garansi world dan 1 tahun ASUS VIP Excellent Guarantee. Dengan harga jualnya tersebut ASUS Vivobook Professional 14 OLED (M3400) berhasil menjadi laptop computer dengan layar OLED yang tepat untuk menjadi every day driver sehari-hari tanpa perlu cemas daya baterai, serta bertenaga.

Tentunya dengan situasi dunia pekerjaan sudah secanggih sekarang, tampaknya bekerja di kantor sudah tidak begitu esensial dan efisien seperti masa sebelum pandemi. Manajemen kantor pun berubah.

Kecanggihan teknologi berkaitan erat dengan efisiensi kerja. Maka, Work From Wherever (WFA) atau bekerja dari mana saja bisa menjadi solusi damai dan masa depan untuk efisiensi kerja lebih baik. Saya sudah tidak perlu khawatir badan akan terasa berat karena membawa laptop computer, serta gangguan suara bising saat convention name bisa diatasi dengan Vivobook Professional 14 OLED karena ada Noice Cancelling.

Produktivitas bisa kita dapatkan dengan mudah asalkan memanfaatkan perangkat laptop computer kerja dengan berbagai keuntungan, jelas ASUS Vivobook Professional 14 OLED (M3400) ini merupakan pilihan tepat bagi kita yang butuh laptop computer handal untuk produktivitas seperti belajar, kerja kantoran, dan lainnya.

Saya bisa lebih sat set gesit untuk bekerja dari mana saja bersama Vivobook Professional 14 OLED.

Dengan spesifikasi yang ditawarkan, pengguna juga tidak perlu merogoh kocek dalam untuk mendapatkan laptop computer Vivobook Professional 14 OLED serba bisa.

Main Spec. Vivobook Professional 14 OLED (M3400)
CPU AMD Ryzen™ 7 5800H Cellular Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, as much as 4.4 GHz max increase)

AMD Ryzen™ 5 5600H Cellular Processor (6-core/12-thread, 19MB cache, as much as 4.2 GHz max increase)

Working System Home windows 11 Residence
Reminiscence 16GB DDR4

8GB DDR4

Storage 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Show 14-inch, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 600nits,

DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black

Graphics AMD Radeon™ Graphics
Enter/Output 1x USB 3.2 Gen 2 Kind-A, 2x USB 2.0 Kind-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader
Connectivity Wi-Fi 6(802.11ax) (Twin band) 2*2 + Bluetooth 5
Digital camera 720p HD digicam with privateness shutter
Audio Sensible Amp Expertise, Constructed-in speaker, Constructed-in array microphone, harman/kardon licensed audio
Battery 50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension 31.58 x 22.63 x 1.89 ~ 1.92 cm
Weight 1.4 Kg
Colours Photo voltaic Silver, Cosmos Blue
Worth Rp11.299.000 (Ryzen 5 / 8GB RAM / 512GB SSD)

Rp11.799.000 (Ryzen 5 / 16GB RAM / 512GB SSD)

Rp12.799.000 (Ryzen 7 / 16GB RAM / 512GB SSD)

Guarantee 2 tahun garansi world dan 1 tahun ASUS VIP Excellent Guarantee
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments